--> Skip to main content

Studi Kasus Website Berpenghasilan Jutaan Rupiah


INFOPOJOK.WEB.ID - Website sebagai media promosi sudah biasa. Bagaimana jika website mampu menghasilkan uang puluhan juta rupiah hanya dengan menampilkan iklan di halaman website? Ini yang menarik karena tidak perlu punya stok produk atau jualan.

Menghasilkan uang dari website sebenarnya bukanlah hal baru tapi sekarang ini seakan tenggelam dengan kehadiran platform video sharing seperti Youtube, Tiktok atau reel Facebook.

Padahal website masih potensial dijadikan sumber penghasilan. Buktinya media berita sudah banyak yang hijrah dari koran ke website. Website bukan berita (blog) khususnya yang dikelola pribadi mulai kalah bersaing di pencarian Google.

Sudah terbayang bukan berapa penghasilan sebuah website berita? Bisa membayar penulisnya.

Studi kasus website pribadi

Website besar yang dikelola perusahaan sangat wajar jika mendapatkan penghasilan yang besar. Tapi bagaimana jika website tersebut dikelola perorangan? Apakah bisa. Tentu saja bisa dan sudah banyak yang sukses hanya saja jarang ter ekspose.

Nah...berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin berbagi pengalaman di mana salah satu website saya yang berjenis blog belum lama ini mampu meraup uang sebesar 14 juta. Uang sebesar itu murni penghasilan dari Google Adsense.

Uniknya saya sebagai pemilik website dan akun publisher Google Adsense, tidak ikut terjun mengelola website. Saya tinggal menunggu hasilnya. Asyik bukan? Bagaimana ceritanya bisa begitu?

Sejak tahun 2015 saya sudah punya sebuah website dan akun Google Adsense. Awalnya performa website lumayan bagus. Trafik hariannya bisa tembus 2000 pengunjung unik. Penghasilan dari Adsense sempat tembus $50 per bulan. 

Sayangnya di tahun 2024 pengunjung turun drastis hingga 200 pengunjung per hari sehingga penghasilan dari Adsense ikut turun.

Singkat cerita, Saya menjalin kerjasama dengan seorang teman. Bentuk kerjasama dengan cara saya memberikan akses pengelolaan website.Teman saya bersama timnya yang mengelola website sampai menghasilkan. Keuntungannya dibagi hasil dengan prosentase 20% untuk saya 80 untuk teman dan tim.

Tertarik  menghasilkan uang dari website? Ikuti langkah langkah berikut ini:

1. Belilah domain yang bagus

Langkah pertama Belilah (sewa) sebuah domain. Perannya cukup penting sehingga tidak asal beli. Pilihlah domain yang brandable, mudah dieja, jelas saat diucapkan, unik dan khas.

Pilihan terbaik ada pada domain dengan ekstensi COM. Ekstensi ini sudah lama eksis bahkan bisa dibilang menjadi pioneer domain di dunia.

Sewa juga instingnya untuk menyimpan file website. Gunakan CMS Wordpress yang  teruji untuk membangun website.

Contoh domain: https://pafikotabengkayang.org/

2. Isi dengan konten bermanfaat secara rutin.

Website tanpa konten ibarat etalase kosong. Konten yang bermanfaat menjadi daya tarik bagi pengunjung website. Lakukan update konten secara rutin, semakin banyak semakin bagus.

Buat konten dengan topik yang sering dicari pengguna internet. Gunakan tool untuk mencari kata kuncinya contohnya Ubbersugest.

Pilih kata kunci yang jumlah pencariannya banyak.

3. Daftarkan ke Google Adsense.

Setelah website berumur dan mendapatkan trafik organik, daftarkan ke Google Adsense. Tunggu sampai di setujui. Jika memang tidak di setujui segera perbaiki kekurangannya.

4. Dapatkan pengunjung

Langkah ini yang paling penting karena website tanpa pengunjung akan sulit menghasilkan uang. Penghasilan dari Adsense tergantung dari jumlah klik iklan oleh pengunjung.

Tertarik untuk menghasilkan uang dari Adsense? Selamat mencoba dan semoga sukses.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar