--> Skip to main content

Pemasaran Digital Website Kelebihan dan Kekurangan


INFOPOJOK.WEB.ID - Pemasaran digital sudah menjadi pilihan utama pebisnis di era teknologi informasi yang semakin berkembang pesat. Website menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memasarkan produk ke internet.

Lihatlah bagaimana situs marketplace seperti Shopee, Tokped, Lazada kini menjadi pilihan utama belanja. Jika kamu seorang pebisnis dan ingin berkembang, memilih website sebagai alat pemasaran digital merupakan pilihan yang tepat.

Sedikit berbagi kisah nyata dari saudara yang awalnya gagal dalam merintis bisnis kuliner tapi kemudian menjelma menjadi pebisnis pakaian olah raga khususnya kostum bola yang sukses setelah memanfaatkan pemasaran digital website.

Kelebihan Website untuk pemasaran

1. Biaya promosi lebih murah

Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, biaya promosi website lebih murah. Sebuah website tidak harus punya kantor resmi atau toko offline. Promosinya ada yang gratis ada yang berbayar. Kalau memilih yang berbayar bisa memasang iklan di Facebook atau Google Ads.

Contoh website yang digunakan untuk promosi https://pafikotaputussibau.org/

2. Jangkauan target konsumennya luas.

Sebuah website bisa diakses dari mana saja asalkan area tersebut ada akses internetnya baik dari dalam maupun luar negeri.  Dengan kata lain jangkauan pemasarannya semakin luas.

3. Website Bisa diakses 24 jam.

Jam tayang sebuah website mampu diakses selama full 24 jam. Dengan catatan tidak ada gangguan jaringan internet, hosting down atau sedang maintenance.

Target konsumen bisa mengakses kapan saja dan memesan produk kapan saja. Tidak ada istilah tutup kecuali layanan customer service.

Kekurangan Website untuk pemasaran

1. Persaingan ketat.

Pebisnis yang memasarkan produknya melalui website tidak cuma Anda tapi banyak karena memang mudah membuat website.

Website tidak cukup online saja tapi harus mencari cara agar pengunjung website nya banyak.

Optimasi harus dilakukan terutama dari segi SEO karena trafiknya lebih tahan lama dari pada pasang iklan. Sekali saja halaman website Anda tampil di halaman pertama Google, pengunjung akan membludak.

Sayangnya mereka juga melakukan hal yang sama sehingga butuh strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan.

2. Desain website harus bagus

Desain website sangat besar peranannya dalam mendatangkan pengunjung. Jika desainnya enak dipandang, fast loading, tidak iklan pop up yang menggangu sudah pasti pengunjung akan berlama menelusuri isi website.

3. Butuh strategi SEO yang bagus.

Ada 2 cara mendatangkan pengunjung website, cara organik dan non organik. Cara organik menggunakan teknik SEO yang tujuan akhir mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google. Cara non organik menggunakan iklan.

Mau tak mau pemilik website harus semaksimal mungkin menerapkan SEO.

Demikianlah informasi singkat seputar kelebihan dan kekurangan pemasaran digital dengan media website. Semoga uraian singkat ini bisa menambah wawasan Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar