--> Skip to main content

Cara Memasarkan Produk Lewat Internet


INFOPOJOK.WEB.ID - Apakah Anda masih memasarkan produk secara tradisional? Dipajang ditoko lalu menunggu orang beli. Cara ini memang masih bisa menghasilkan tapi kurang maksimal karena pembeli rata rata berasal dari sekitar toko.

Apa jadinya jika orang seluruh Indonesia bisa melihat produk yang Anda jual lalu membeli? tentunya omset toko akan semakin besar.

Apakah berarti harus buka cabang di seluruh Indonesia? Tidak dong itu malah menghabiskan banyak modal.

Anda cukup memasarkan produk melalui internet. Anda pasti paham dong internet.  Sekarang ini era digital dimana pemasaran pun sudah mengadaptasi teknologi informasi. Memasarkan produk tidak harus memiliki toko yang harganya mahal tapi bisa dari rumah.

Cara Memasarkan Produk Lewat Internet

Anda bisa memasarkan produk bahkan jasa juga bisa ke internet. Cara nya mudah dan tidak butuh biaya yang besar. Bahkan Anda bisa jualan tanpa memiliki stok produk, Asyik bukan?

Berikut adalah cara-cara memasarkan lewat internet.

1. Pemasaran melalui media sosial

Cara ini terbilang cukup mudah bahkan bisa gratis. Anda bisa mempromosikan produk diakun pribadi, halaman Facebook atau group.

Gabung lah di grup grup jual beli yang bebas posting. Prioritaskan grup jual beli yang bersifat lokal misalnya satu kelurahan. Tujuan nya biar bisa COD, karena kebanyakan pembeli di Facebook maunya COD.

Untuk pembeli dari luar wilayah tentunya harus sistem bayar dulu baru batang dikirim. Ini tentu agak susah kalau pembelinya belum kenal.

Aktiflah di grup komunitas yang sesuai dengan niche produk Anda. Misalnya produk nya cetakan martabak maka gabung lah di grup komunitas martabak. Jika Anda sudah dikenal dan terbukti amanah maka biasanya direkomendasikan di grup tersebut.

2. Pemasaran melalui marketplace

Anda bisa membuka toko di situs marketplace seperti Shopee atau Tokopedia. Tenang saja buka toko disana gratis dan caranya juga mudah. Persiapkan sarana nya misalnya rekening bank.

Tentunya tidak mudah menggaet pembeli karena banyak seller lain yang jualan di sana bahkan Toko besar pun ikut buka toko disana.

Jualan produk di marketplace tidak sebebas. Jualan di Facebook karena ada aturannya. Modal juga harus besar karena dana tidak langsung dikirim ke penjual jika ada yang beli tapi menunggu sampai pembeli menerima produk dan tidak ada komplain.

3. Pemasaran melalui toko online

Cara pemasaran melalui website toko online lebih bebas dari pada numpang jualan di platform marketplace.

Anda bisa langsung menerima pembayaran dari pembeli tanpa pihak ketiga. Namun kepercayaan menjadi nomor satu. Awal buka toko online tentunya konsumen masih ragu.

Cantumkan alamat yang jelas dan nomor HP serai rekening bank.

4. Pemasaran melalui website

Penasaran melalui website melakukan pendekatan kepada target konsumen dengan informasi yang bermanfaat atau dengan kata lain melakukan pemasaran convert selling bukan direct selling yang langsung menjual.

Contoh website yang bersifat informasi

https://pafikabtanahbumbu.org/

Anda bisa mengunggah informasi berupa tips atau review nanti disisipkan produk Anda atau diarahkan ke halaman pemesanan.

Demikianlah Informasi mengenai cara memasarkan produk lewat internet. Semoga Bermanfaat!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar