--> Skip to main content

10 Jenis Artikel Website Paling Dicari


INFOPOJOK.WEB.ID - Internet menjadi salah satu media yang paling sering dipakai masyarakat selain televisi dalam mencari informasi. Website menjadi andalan, tinggal ketik kata kunci informasi yang dicari ke Google. Nantinya muncul deretan website yang akan menampilkan cuplikan artikel.

Ini artinya website masih menguntungkan secara ekonomis untuk dikelola. Bagaimana tidak, jika sebuah website ramai pengunjung berpeluang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Penghasilan website bersumber dari iklan atau yang lain.

Bagi kamu yang tertarik membangun sebuah website atau lebih spesifik membangun blog. Penting sekali menentukan jenis artikel atau postingan yang tepat. Tujuannya agar postingan tersebut disukai pengunjung.

10 Jenis Artikel Website Terbaik

Berikut ini jenis-jenis artikel yang bisa kamu pilih. Semakin banyak jenis artikel yang kamu pilih maka website akan bervariatif kontennya. 

1. Tutorial

Artikel jenis ini membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan cara. Misalnya cara membuat website, cara mengatasi komputer hang dan lain-lain. 

Dalam membuat artikel ini kamu sebaiknya sudah mempraktekkan sendiri dan terbukti berhasil sehingga user experience kuat.

Langkah-langkahnya juga harus jelas dari awal hingga akhir jangan sampai ada yang di skip.

Bila perlu lengkapi dengan gambar pendukung sehingga mempermudah pengunjung memahami tutorial tersebut.

2. Informasi

Jenis artikel ini menjelaskan sesuatu secara rinci misalnya menjelaskan tentang NPWP, digital marketing, investasi dan lain-lain.

Menulis artikel jenis ini tidak harus ahli dibidang yang berhubungan dengan topik tulisan tapi minimal paham.

Kamu bisa mencari referensi di internet dari berbagai website yang kredibel dibidangnya. Jangan lupa cantumkan sumber referensi diakhir artikel sebagai bentuk penghargaan atau etika kepada sumbernya.

Contoh website yang berisi informasi https://pafisingkawang.org/

3. Definisi

Artikel ini pada dasarnya sama dengan jenis informasi namun cakupannya lebih sempit misalnya Pengertian investasi maka yang dibahas hanya artinya saja tanpa menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan investasi.

Artikel ini singkat tapi padat dan tidak perlu ber tele-tele.

4. Review

Artikel jenis ini berisi ulasan berdasarkan analisis dan fakta yang berguna bagi diri sendiri, pemilik barang atau jasa serta masyarakat umum. Misalnya review gadget, aplikasi, universitas dan lain-lain.

Artikel jenis ini sering dicari oleh orang yang akan membeli sebuah produk atau jasa sebagai bahan referensi.

Ada 2 keuntungan sekaligus dari artikel review, dapat pengunjung dan klik link afiliasi ke produk,

5. Daftar

Artikel ini menyajikan daftar barang, tempat dan lain-lain. Misalnya 5 tempat wisata terindah di Jawa timur, 10 HP Gaming  terbaik 3 jutaan.

Membuat artikel ini lebih mudah dibandingkan dengan jenis lain karena tinggal me list barang atau jasa kemudian dikasih penjelasan singkat.

6. Download

Siapa yang tidak mau sesuatu yang gratis? salah satunya dengan cara download di internet seperti ebook, gambar, musik, video. software dan lain-lain.

Artikel yang mencantumkan link download produk sering dicari pengunjung internet. Kelebihan artikel ini tidak perlu panjang-panjang karena yang dicari pengunjung link downloadnya.

Materi download bisa dicari di situs-situs download lalu di unggah lagi ke drive online seperti Google drive atau Mediafire.

7. Wawancara

Lakukan wawancara dengan tokoh yang sedang viral atau tokoh sukses. Wawancara bisa dilakukan secara langsung atau online.

Wawancara secara online tentunya lebih mudah karena kamu cukup mengirim list pertanyaannya.

8. Perbandingan

Pilih 2 produk atau jasa lalu bandingkan kelebihan dan kekurangannya  dan di akhir kesimpulan beri penilaian mana yang lebih rekomended.

Berikan data-data atau spesifikasi yang akurat dari kedua produk tersebut.

9. Studi Kasus

Tulis pengalaman kamu ketika melakukan sesuatu secara urut lalu pencapaian yang kamu dapat dari hal tersebut.

Contohnya Studi kasus menghasilkan uang dari website dengan Google Adsense, Studi kasus menghasilan uang dari Tiktok.

10. Profil

Artikel jenis ini menjelaskan seorang tokoh secara singkat atau biografi singkat. Biar menarik minat pengunjung, pilih tokoh yang sedang viral misalnya artis, politikus, pemain sepak bola dan lain-lain.

Ngomong ngomong Kamu lebih suka menulis jenis artikel yang mana? Tulis jawabannya di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar